Keluarga Nunung Nasrullah

Cerita tentang keluarga kecil kami. Ditulis spesial untuk Muhammad Haidar Arief tercinta...

Saturday, December 12, 2009

Perpanjangan STNK di PGC

Assalamu'alaikum


Alhamdulillah.... tadi pagi kami jadi perpanjang STNK sendiri. Biasanya pake biro jasa sih.... Abis, cari2 informasi, katanya ada di TMP Kalibata atau Ragunan, ternyata 2 kali ke sana ngga pernah ada :-(. Trus, waktu itu pak polisi yang tugas bilang, di PGC ada.

Oke deh... Aku-pun googling tentang perpanjangan STNK di PGC. Sip, nemu informasi adanya di PGC lantai 7. Alhamdulillah juga, tgl abisnya tuh besok, 12-12. Pas deh, Sabtu ini mas Nunung bisa nganterin aku.

Jam 8 kami berangkat dari rumah. Sebelum ke PGC kami sempat mampir di TMP Kalibata, mungkin ada mobil STNK keliling. Ternyata ngga ada, dan tukang parkir bilang di Ragunan. Ah, lebih deket ke PGC, wong kami udah di Kalibata....

Kami meneruskan perjalanan sambil liat2 ke kiri jalan untuk foto kopi :-). Alhamdulillah, udah ada kios foto kopi yang buka. Kami-pun berhenti, supaya nanti di tempatnya ngga ribet ama foto kopi. Trus operator foto kopi-nya nanya, untuk perpanjangan ya??? Pas kami jawab iya, malah dia yang staplesin berkas2 foto kopi & STNK lama, yang ternyata harus distaples jadi 1. Trima kasih ya, mas. Katanya, udah sering biro2 jasa foto kopi di tempatnya.

Foto kopi beres, kami segera meluncur ke PGC. Jam 08.16 udah sampai. Parkirnya masih sepi, karena tokonya blom ada yang buka :-D. Kami nanya petugas di tempat parkir, lokasi untuk perpanjangan STNK. Dikasih tau ini-itu, eh ada orang yang dengan baik hati menunjukkan jalannya, karena blio juga ke arah sana, meskipun blio-nya ngga ngurus perpanjangan SIM / STNK.

Kami keluar dari tempat parkir, trus menuju lorong yang ternyata namanya "Halte Walk". Di sebelah kanan kami ada halte transjakarta. Tempatnya rapi & bersih, free wifi pula :-).

Foto di lorong bernama "Halte Walk". Ini pas pulang, jadi halte transjakarta ada di sebelah kiri kami. Banyak kios2 di sepanjang lorong ini. Karena masih pagi, blom buka deh...


Trus naik lift. Namanya pun bukan lantai 7, tapi lantai "A". Orang yang kasih tau itu turun di lantai 6, kami meneruskan sampai ke lantai "A". Ternyata oh ternyata.... yang ngantri udah banyakk.... :-P. Tempatnya enak, ber-AC, ada tempat duduk, meskipun kami ngga kebagian. Antri sebentar untuk iambil formulir, trus diisi sret-sret, serahkan formulir beserta foto kopi berkas, nunggu panggilan deh. Karena petugas kasir blom datang, jadinya agak lama. Oiya, pas ngumpulin berkas itu, KTP & BPKB asli juga diikutkan. Tapi nanti BPKB-nya langsung dibalikin, kok.

Petugas kasir datang, pak Polisi mulai memanggil antrian. Cepet banget deh, sret-sret, ngga ada yang lelet :-P. Antrian di kasir-pun cepat, karena orang-orang udah nyiapin uang pas, kali ya.... (termasuk kami). Jadi enak, cepet.

Antri ngga sampai 5 menit, dipanggil lagi untuk ambil STNK baru. Alhamdulillah, selesai deh... Total, kami menghabiskan waktu 30 menit, mulai dari ambil formulir sampe mendapatkan STNK baru. Sip...

Di dalam ruang tunggu "Gerai Samsat". Bersih, ber-AC. Itu, ruang pojok kiri (ngga keliatan ya....), untuk memperpanjang SIM. Lebih sepi dibandingkan dengan loket perpanjangan STNK.


Jadi, yang perlu disiapkan:
1. Foto kopi BPKB
2. Foto kopi STNK
3. Foto kopi KTP

Trus staples jadi 1 semua berkas foto kopi tersebut, disertakan STNK & tanda bukti bayar yang asli. Untuk KTP, supaya ngga rusak, KTP masukkan ke dalam plastik, trus staples bersama berkas2 yang tadi. Jadi, yang distaples plastiknya, bukan KTP-nya (maaf ngga sempat difoto karena buru2).

Di Gerai Samsat:
1. Antri di loket pendaftaran. Klo blom fotokopi, berkas2 yang diperlukan bisa difoto kopi di sini.
2. Isi formulir sesuai dengan STNK & BPKB
3. Kembalikan formulir di loket pendaftaran, tunggu panggilan
4. Dipanggil untuk ambil kuitansi/pemberitahuan berapa jumlah pajak yang harus kita bayar
5. Antri di kasir. Siapkan uang pas, minimal kembalian jangan banyak2. Kenapa? Jadi cepet antriannya. Tadi juga begitu. Cepet semua. Ngga ada yang lelet :-P
6. Antri di loket pengambilan STNK baru. All done !!!
7. Pulang....... atau cuci mata, blanja-blanji di PGC. Kami sih langsung pulang, karena toko2nya blom buka... :-D

Ternyata gampang & menyenangkan klo pelayanannya seperti ini.

Senin - Jum'at : jam 09.00 - 14.00
Sabtu : jam 09.00 - 11.00

Tapi, sepertinya orang2 pada ngantri sejak jam 8. Karena pas kita datang jam 08.30, ruangan udah penuh....

So..... selamat menikmati pelayanan yang menyenangkan.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

 
BabyGaga